PELATIHAN KEAMANAN BERINTERNET DAN BERSOSMED

PRAKTEK PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL DI LAMPUNG
December 27, 2018
Jaringan Pendidikan Lingkungan
February 11, 2019

Sabtu 26 januari 2019, telah berlangsung pelatihan keamanan berinternet dan bersosmed yang bertempat di Lembaga Alam Tropika Indonesia (LATIN). Pelatihan ini merupakan rangkaian dari pelatihan-pelatihan yang akan dilaksanakan oleh LATIN setiap bulan. Pelatihan keamanan berinternet dan bersosmed ini dilatarbelakangi oleh kian banyaknya pengguna internet dan sosial media baik dikalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa. Adanya peningkatan penggunaan ini juga diikuti dengan peningkatan kejahatan internet, maka dari itu kita perlu mengetahui teknik-teknik yang bisa digunakan untuk mengamankan akun kita.

Pada kesempatan kali ini, Sandy Wahyu Ahadi sebagai narasumber dari Komunitas keamanan berinternet, membagikan ilmunya kepada para peserta yang hadir mengenai keamanan dalam berinternet serta para peserta dapat langsung praktek mengenai cara-cara memprotect akun kita supaya aman dan terhindar dari kejahatan internet.

     

Pelatihan ini mengetahui berbagai trik penipu atau peretas akun yg biasa mensabotase user dan password email atau kejahatan lainnya mulai dari Mengintip (Snooping) dengan menggunakan Keylogger\Perekam ketikan, Manipulasi IP, Spoofing, ataupun Flooding.

  1. Mengintip (Snooping) dengan menggunakan Keylogger\Perekam ketikan (sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol papan ketik)
  2. Manipulasi IP  adalah sebuah proses rekayasa dengan melakukan penambahan, pensembunyian, penghilangan atau pengkaburan terhadap bagian atau keseluruhan sebuah realitas
  3. Spoofing adalah teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya “hal ini biasanya dilakukan oleh seorang hacker atau cracker”
  4. Flooding dalam lingkup jaringan Komputer adalah sebuah situasi dimana terdapat ip yang membuat jalur bandwidth yang kita miliki terbanjiri atau penuh sehingga proses pengiriman field atau data menjadi sangat terganggu dan sering kita bilang dengan “Lemot”.

 

Jadi hal yang harus dilakukan agar kita berinternet aman adalah:

  1. Selalu cek link yang akan kita buka, bisa cek domainnya dgn membuka whoisdomaintool
  2. Bila memakai pc/ gadget orang lain untuk membuka email kita biasakan cek ada aplikasi keylogger
  3. Bila menerima pertemanan cek profile orang tersebut, ada berapa teman yg sama, jumlah temannya ada berapa, dll
  4. Update nomer telpon yg didaftarkan di email kita
  5. Hati2 bila ada email masuk meminta kita me registrasi ulang password
  6. Jangan membuat password dari angka tanggal lahir

 

Mari berinternet dan bersosmed ria.

 

Selain pelatihan keamanan berinternet dan bersosmed kami akan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan lain yang tidak kalah seru dan bermanfaat…

Tunggu pelatihan selanjutnya yaaa… !