Situs Megalitikum Cibalay Bogor, harta karun yang tersembunyi

Karakter dan Rutinitas: Modal Sustainability?
November 26, 2018
MENDAKI RINJANI, Perjalanan menuju Plawangan Sembalun yang Luar Biasa
December 20, 2018

KAWASAN SITUS CIBALAY
“Kawasan situs Cibalay merupakan lokasi situs megalitik batu Cibalay yang terdiri dari situs Kramat Endong Kasang, Situs Balekambang, Situs Arca Domas, Situs Jamipacling, dan Situs Pasir Manggi. Dari kelima situs tersebutbentuk tipe ukurannya berkisar antara 2000-3000 SM. Temuan pertama dilaporkan oleh NJ Krom tahun 1914 dalam :Rappoten van den Oudheidkundige Diensten Nederlansch-Indie 1914: inventarisderhindoeoudheden”
Batuan megalitik Cibalay berupa berundak menhir dan batu tegak/batu kubur yang dalam penempatan dan susunannya tidak terarah pada suatu sudut. Situs Cibalay juga dijadikan pemakaman karena di situs Balekambang dan situs Jamipaciing terdapat nama-nama Mangutapak, Patah Aki Soleh, Eyang Nuralam yang dimakamkan dekat atau berdampingan dengan situs megalitikum tersebut “

Itulah tulisan yang terpampang di depan lokasi situs Cibalay.

Ketika ada program kegiatan untuk menanam pohon di sekitar situs Megalitikum Cibalay, kecamatan Tenjolaya kab Bogor, saya langsung bergegas mendaftar. Mendengar nama Situs Megalitikum ada di kabupaten Bogor saja sudah menggoda iman untuk segera bertandang ke sana. Secara saya tinggal di Bogor sudah nyaris 20 tahun, baru dengar ada tempat yang sangat bersejarah.
Situs ini keberadaan nya cukup tersembunyi di wilayah kaki gunung Salak. Untuk masuk menuju ke lokasi situs, hanya bisa dijangkau dengan mengendarai sepeda motor. Kendaraan besar seperti mobil hanya bisa masuk sampai ke desa terakhir, lalu dilanjutkan dengan jalan kaki kurang lebih 1,5km.
Ada 2 “kompleks” situs yang terdapat pada situs Cibalay ini. Situs pertama berada di hamparan luas seperti lapangan hijau dengan pepohonan di sekeliling Tidak terlalu luas sekitar 10m persegi.  Situs kedua yang merupakan situs utama berada di ketinggian, dengan melewati pintu gerbang yang merupakan informasi penting bahwa situs ini dirawat dan dilindungi Balai Pelestarian Cagar Budaya Serang. Memasuki Situs utama yang bernama situs Cibalay ini  terasa sangat adem karena di dalam kawasan hutan yang rimbun. Terlihat di dalam batuan menhir dan punden berundak dengan spot utama adalah Situs Arca Domas. Di sekeliling situs, pohon pohon Pinus berjajar rapi. Tak jauh dari situ ada pula bangunan warung yang menyediakan tempat istirahat bagi pengunjung. Dengan posisi yang tersembunyi, menjadi kan situs ini terjaga kebersihan lingkungan nya.