Sekolah Lapang Komuniti Forestri Cara Belajar Alternatif Petani Hutan

REFORMASI Tanpa PERUBAHAN
November 26, 2018
Standard Operating Procedures (SOPs) For Field Measurement
November 26, 2018

LATIN adalah lembaga independen yang didirikan pada tahun 1989, yang mempunyai misi untuk mewujudkan praktek-praktek manajemen kolaborasi pengelolaan sumberdaya alam di kawasan konservasi dan kawasan hutan produksi. Beberapa tahun terakhir ini di LATIN telah mengembangkan program di 8 lokasi (kabupaten), yaitu di kabupaten Lampung Barat, Pandeglang, Sukabumi, Kuningan, Garut, Pekalongan, Jember dan Dompu.

Untuk mencapai misi, LATIN mengembangkan strategi empat strategi utama, yaitu:

  1. Mengembangkan kelembagaan pendidikan atau pelatihan untuk transformasi pengetahuan dan keahlian manajemen kolaborasi dalam pengelolaan sumber daya.
  2. Melakukan inovasi dalam rangka mengembangkan dan membumikan pengetahuan dan keahlian manajemen kolaborasi melalui penelusuran teori, riset aksi dan konseptualisasi pengalaman lapangan
  3. Membangun, memfasilitasi dan mempercepat gagasan model-model atau praktek-praktek manajemen kolaborasi pengelolaan sumberdaya alam di kawasan konservasi atau kawasan hutan produksi di wilayah negara Indonesia
  4. Membangun jaringan kerja sama dengan pihak-pihak yang mempunyai kepedulian yang sama terhadap isu pengembangan manajemen kolaborasi dalam pengelolaan sumberdaya alam, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Penulis : Arif Aliadi

Ratna Isnaini