Pemanfaatan Ruang dan Lahan di Taman Nasional Gunung Ciremai

Penting dan Efektif
November 22, 2018
PERAMBAHAN HUTAN ATAU KAMBING HUTAN ? Potret Sengketa Kawasan Hutan di Lampung
November 23, 2018

Konflik yang terjadi karena proses penunjukkan kawasan taman nasional baru di Gunung Ciremai, yang telah menimbulkan benturan dengan inisiatif-inisiatif masyarakat sipil dalam membenahi pengelolaan hutan di Kabupaten Kuningan, menjadi fokus pada buku ini.

Salah satu upaya yang diyakini dapat meretas konflik tersebut adalah perlu adanya upaya membangun kesepahaman di antara pusat dan daerah, mengenai tujuan dan proses yang disepakati dalam membangun taman nasional. Lebih daripada itu, perlu adanya terobosan-terobosan baru dalam mengelola, dan tentu saja dalam merancang bentuk pengelolaan, taman nasional, agar kepentingan-kepentingan lokal dapat terwadahi dan terapresiasikan dalam upaya-upaya pencapaian tujuan akhir pembangunan taman nasional.

Buku ini merupakan hasil proses penggalian dan dialog dalam upaya menyusun konsep atau rancangan pemanfaatana ruang dan lahan di kawasan Taman Nasional Ciremai (TNGC). Dilaksanakan secara partisipatif  bersama petani hutan dan komponen masyarakat sipil umumnya, terutama di lingkungan Kuningan, buku ini dimaksudkan sebagai rujukan satu-satunya bagi pengembangan gagasan pengelolaan (TNGC). Harapannya, penerbitan hasil kajian partisipatif ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mendorong pengelolaan taman nasional yang aspiratif, partisipatif dan demokratis pada umumnya ; di lingkungan TNGC khususnya.