Pengantar 29 Tahun LATIN

Pelestarian Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) Melalui Pendekatan Masyarakat
November 22, 2018
Taking rest seriously also helps bring more of your life into clearer focus
November 22, 2018

29 Tahun LATIN
Hari ini, 5 Oktober 1989, di Ibukota dan tempat-tempat lain di penjuru Nusantara sibuk dengan derap sepatu, laras panjang, perangkat-perangkat tempur. Mereka berhimpun, berjajar, membuat formasi tegap, sigap mendengar aba-aba, tangkas bergerak, lantang berteriak. Perayaan Hari Angkatan Bersenjata, 5 Oktober telah dimulai. Merayakan kegagahan di medan pertempuran. Membayangkan kita dalam medan laga.
Pada sudut yg lain, di sebuah jalan di Ibukota lima orang anak muda bergegas turun dari bis kota dan berlari kecil, dengan keringat bercucuran, mata awas menengok kanan kiri dan bertanya: dimana alamat yg dituju—sedikit tersesat di Ibukota yg pengap.
Akhirnya ditemukan juga alamat itu: kantor notaris tempat Lembaga Alam Tropika (LATIN) secara legal didaftarkan. Para pendiri tandatangan berlembar-lembar dokumen pendirian sebagai Yayasan—serasa menandatangani sebuah dekrit untuk merebut kekuasaan, 5 Oktober 1989. Selebihnya, sebuah perjalanan yg tak akan pernah kami lupakan.
Selamat merayakan 29 Tahun Perjalanan LATIN. Terima kasih kepada semua sahabat yg menjadi kawan pendakian, sahabat yg menjadi kawan pemikiran, sahabat yg menjadi kawan penunjuk jalan dan menepuk bahu pada persimpangan jalan. Terima kasih telah menjadi bagian perjalanan dan pergulatan LATIN dan Latiners.
Semoga kita masih bisa berjumpa dan menikmati hari-hari yg tersisa untuk sesuatu yg bermakna.
Tabik.