Masalah Kebijakan Pengelolaan Hutan Alam Produksi

Manajemen Kolaborasi
November 16, 2018
Mata Pencaharian Rumah Tangga Desa Hutan di Desa Saninten-Kabupaten Pandeglang
November 16, 2018

Suatu pembaharuan kebijakan, disamping diperlukan visi ke depan yang sesuai dengan tuntutan jaman, juga diperlukan pengetahuan yang cukup terhadap realitas yang sedang dihadapi pada saat pembaharuan kebijakan tersebut dilaksanakan.

Menjelang abad 21, kondisi pengelolaan hutan di Indonesia menghadapi masalah yang sangat kompleks yaitu adanya berbagai benturan kepentingan untuk mengembalikan keadilan memperoleh manfaat bagi masyarakat luas, tuntutan negara untuk menyelamatkan ekonomi masih dilanda krisis, laju degradasi hutan yang kian meningkat dengan potensi hutan yang sudah tidak melimpah, maupun sejumlah prakondisi yang belum siap seperti masalah tata ruang  dan tataguna hutan, serta kondisi birokrasi yang belum efisien dan perilaku rent seeking.

Kebijakan kehutanan dan ekonomi makro maupun tekanan-tekanan politik sangat berpengaruh terhadap pencapaian upaya-upaya berbagai pihak untuk demokratisasi pengelolaan hutan. Kebijakan ekonomi dan kondisi intuisi pengelolaan hutan sangat berpengaruh terhadap perilaku kelompok birokrasi yang saat ini jumlahnya sekitar 50.000 orang – maupun kalangan dunia usaha dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu dengan tanpa memahami kebijakan ekonomi maupun kondisi institusi, dalam pembaharuan kebijakan dapatmenghasilkan sasaran –sasaran keliru.

Penulis : Hariadi Kartodihardjo