By A Web Design

Visitor Map

Visitors Counter

mod_vvisit_counterPengunjung hari ini43
mod_vvisit_counterTotal pengunjung407935

whosonline

Ada 13 tamu online
Training Info


Pelatihan Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat (Community Development Facilitator Training)
Ditulis oleh LATIN   
Rabu, 01 Pebruari 2012 11:21

Community development ini sangat dibutuhkan oleh para pihak yang ingin membangun relasi atau hubungan yang baik dan saling menguntungkan dengan masyarakat sekitar. Namun terkadang perusahaan/lembaga tidak tahu bagaimana tahapan untuk membangun proses community development ini. Untuk itu diperlukan satu kemampuan yang baik dan optimal bagi para pihak terkait untuk membangun relasi dengan masyarakat dan melaksanakan kewajiban sosial untuk masyarakat.  LATIN (Lembaga Alam Tropika Indonesia) yang berkantor pusat di Bogor, Jawa Barat telah berpengalaman dalam melakukan pemberdayaan masyarakat khususnya yang lekat dengan isu-isu sosial dan lingkungan di sekitar kawasan sumber daya alam berada seperti hutan dan lain sebagainya. Selama hampir 2 dekade sejak tahun 1989 LATIN telah melakukannya di beberapa kabupaten antara lain Jember (Provinsi Jawa Timur), Kuningan dan Sukabumi (Provinsi Jawa Barat), Pandeglang (Provinsi Banten), Pekalongan (Provinsi Jawa Tengah), Dompu (Provinsi Nusa Tenggara Barat).

Berbekal pengalaman 2 dekade mengembangkan program community development, LATIN membuka kesempatan bagi siapapun untuk bersama berbagi pengalaman pengalaman dalam berbagai aspek yang terkait dengan community development melalui Training Community Development Facilitator (Pelatihan Fasilitator Pengembangan Masyarakat).

Bagi Anda yang ingin menjadi fasilitator lapangan yang handal dan memiliki kemampuan yang efektif dalam membangun program comdev. Apapun bidang yang Anda geluti, terutama bila berkaitan dengan masyarakat, akan Anda peroleh pengetahuan dan pengalaman baru melalui training ini. Waktu pelaksanaannya selama 5 (lima) hari. Prosesnya dilakukan melalui penyampaian teori umum (10%) di LATIN Bogor, dan teori praktis (30%) serta praktek lapang (60%) di salah satu lokasi belajar LATIN.

Materi

Konsep dasar community development, karakteristik dan prinsip pendampingan, teknik fasilitasi pertemuan yang efektif, teknik PRA, dan tahapan membangun program community development (misalnya membangun kepercayaan masyarakat, analisis sosekbud, analisis stakeholder, membangun pemahaman dan partisipasi masyarakat, dan perancangan kegiatan), dan hal penting lain yang berkaitan.

Output Training

Setelah mengikuti training ini peserta akan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menguasai teknik-teknik community development yang baik dan praktis serta bisa dilakukan sesuai dengan tujuan dan latar belakang masing-masing peserta.

Metode Training

- Materi akan diberikan secara bervariasi sehingga tidak membosankan dan bisa tetap dikuasai tanpa harus mengurangi konsentrasi.
- Proporsinya 40% teori (di kelas) dan 60% praktek (di lapangan/masyarakat).
- Penyampaian teori dengan cara presentasi, game/permainan, dan diskusi kelompok.
- Praktek dilakukan langsung di atau dengan masyarakat desa.
- Proses belajar akan dilakukan dengan menerapkan metode pendidikan orang dewasa yang partisipatif.

Waktu Penyelenggaraan

Training diselenggarakan selama 6 (enam) hari, pada tanggal 24-29 Mei 2010

Lokasi Penyelenggaraan

Training diselenggarakan di Kantor LATIN yang terletak di Kawasan Situgede, Bogor Jawa Barat. Lokasi yang bernuansa suasana alam tropika, dikelilingi oleh hutan alam yang bersentuhan dengan riak aliran sungai Cisadane, keasrian Danau Situgede, dan penangkaran alami rusa. Sehingga menjaga konsentrasi peserta selama mengikuti training. Untuk kegiatan praktek para peserta akan dibawa ke salah satu lokasi belajar LATIN yaitu di daerah Sukabumi.

Investasi Training

Investasi training sebesar Rp 3.875.000,-/orang, untuk pembayaran yang dilakukan sebelum dan pada tgl 17 Mei 2010, Rp. 3.965.000,-/orang untuk pembayaran yang dilakukan setelah tgl 17 Mei 2010, yang meliputi :

 

- Materi training berupa manual/modul community development
- Sertifikat Training Community Development Facilitator
- Perlengkapan tulis Peserta
- Penginapan selama mengikuti training
- Jemputan dari Bogor ke lokasi training pp
- Makan dan snack 3 kali/hari selama training
- Transportasi ke tempat praktek (LATIN/ Bogor – lapangan PP)
- Akomodasi di tempat praktek
- T’shirts
- Buku terbitan LATIN
- Dokumentasi pelatihan dalam format CD

Training ini sangat cocok untuk Anda para staf atau petugas lapangan dari kantor/lembaga/instansi/ perusahaan yang mempunyai aktivitas berhubungan langsung dengan masyarakat di mana saja dan mempunyai program community development atau tujuan untuk mengembangkannya. Tidak ada syarat khusus untuk ikut training ini. Motivasi diri yang tinggi dan keinginan kuat untuk belajar adalah faktor utama bagi peserta untuk dapat menguasai materi training community development facilitator yang diselenggarakan oleh LATIN.

Cara Mendaftar dan Mengikuti Training

Isilah formulir pendaftaran yang bisa didapatkan dengan menghubungi panitia di nomor telepon (0251) 8425522 – 23 atau 08158284622 dengan saudara Veny atau Sofyan untuk mendapatkan formulir dan informasi lebih lanjut mengenai training ini.

Membayar biaya training sebesar Rp 3.875.000,-/orang, untuk pembayaran yang dilakukan sebelum dan pada tgl 11 Januari 2010. Rp. 3.965.000,-/orang untuk pembayaran yang dilakukan setelah tgl 17 Mei 2010, terlebih dahulu baik tunai atau transfer ke rekening :

Nama Bank : Bank Niaga Cabang Bogor
Nomor Rekening : 054-01-00086-00-3
Atas Nama : Lembaga Alam Tropika Indonesia

Kirimkan bukti transfer biaya dan formulir pendaftaran melalui fax ke: (0251) 8626593 atau melalui e-mail ke: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it atau This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it paling lambat 2 hari sebelum training diselenggarakan.