By A Web Design

Visitor Map

Visitors Counter

mod_vvisit_counterPengunjung hari ini18
mod_vvisit_counterTotal pengunjung410255

whosonline

Ada 9 tamu online
Lembaga Alam Tropika Indonesia (LATIN)
Ditulis oleh Aries Bachtiar   
Rabu, 26 Juni 2013 00:00

"Mewujudkan Kesejahteraan & Kemandirian Masyarakat Melalui Pengelolaan Sumberdaya Alam yang Adil dan Lestari dengan Pendekatan Kolaboratif"

Lembaga Alam Tropika Indonesia (LATIN) merupakan lembaga swadaya masyarakat yang didirikan pada tanggal 5 Oktober 1989.

LATIN mempunyai misi (1) Memperjuangkan kedaulatan rakyat atas sumberdaya alam, (2) Mengembangkan kegiatan pengelolaan hutan yang lestari, (3) Mengembangkan kemampuan dan kapasitas lembaga dan masyarakat, (4) Membangun kemandirian lembaga dan masyarakat.

 

Pada awalnya LATIN bergulat di isu pengelolaan sumber daya alam, namun sesuai dengan perkembangan yang ada kemudian para penggiat LATIN (Latiners) memutuskan beberapa perubahan penting bagi organisasi LATIN sebagai sebuah lembaga.  Maka mulai pertengahan tahun 90 an LATIN mulai memfokuskan diri pada isu pengembangan Komuniti Forestri (KF).

 

Semenjak itu LATIN lebih fokus serta terlibat aktif di beberapa program dan kegiatan yang berkaitan ataupun bertujuan untuk pengembangan komuniti forestri di Indonesia, antara lain dengan mendampingi masyarakat di Krui (Lampung Barat), Jember (Jawa Timur) tepatnya masyarakat sekitar Taman Nasional Meru Betiri yang boleh dikatakan merupakan pengembangan inisiatif awal sejenis di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon (Pandeglang, Prop. Banten). Selain itu secara nasional, LATIN aktif juga menggalang kerjasama dengan mitra regional dan internasional yang berkaitan dengan isu Komuniti Forestri.  Sampai kini setelah kurang lebih 19 tahun kiprahnya, LATIN telah "bekerja" di 7 lokasi lainnya yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara Barat.

 

Sejak awal berdiri sampai sekarang bertekad untuk memberantas kemiskinan yang terjadi pada masyarakat sekitar hutan dan sekaligus melestarikan sumberdaya alam dan lingkungan.

LATIN meyakini bahwa masalah kemiskinan dan kerusakan hutan bukanlah masalah yang sederhana. Kebijakan pemerintah tentang pengelolaan hutan yang tidak memberi ruang kepada masyarakat untuk mengakses sumberdaya hutan adalah masalah utama dunia kehutanan Indonesia.

 

Selain itu masalah lainnya adalah lemahnya organisasi masyarakat sekitar hutan, kurangnya sinergi di antara stakeholder, budaya korupsi, pembiaran pelanggaran HAM yang terjadi pada masyarakat sekitar hutan, kurang berkembangnya pengetahuan pengelolaan hutan yang mampu menjawab tantangan yang terjadi di lapangan.

 

KONTAK KAMI:

LEMBAGA ALAM TROPIKA INDONESIA

Jl. Sutera No 1 Kelurahan Situgede Kec. Bogor Barat Kota Bogor Jawa Barat 16115

Telp. 0251-8425522

Fax. 0251-8626593

email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

Kirim Komentar


Kode keamanan
Refresh